Tipe Orang Tua ini Dapat Mencetak Anak yang Penghasilan Besar

Tipe Orang tua ini Dapat Mencetak Anak yang Cemerlang

Tak dapat dipungkiri, keberhasilan seorang tak lepas dari keberadaan orang tuanya, baik itu genetik maupun pola asuh yang diterapkan pada anaknya. Penerapan pola asuh tersebut berkaitan erat dengan tipe dan karakteristik orang tua.

Anak-anak yang cemerlang bisa dilahirkan dari keluarga siapa saja dan kalangan mana saja. Yang pasti mereka dibimbing dan diasuh dengan pola asuh yang tepat. Mereka dibesarkan dari keluarga yang dapat mendorong kesuksesannya.

Berikut ini tipe-tipe orang tua yang mempunyai andil dalam perkembangan kehidupan anak di masa mendatang.

Tipe Orang Tua Suportif 

Orang tua suportif (bukan sportif) adalah orang tua yang selalu memberi dukungan terhadap setiap tindakan positif yang dilakukan oleh anaknya. Pantang bagi orang tua tipe ini mengatakan, "Belum saatnya kamu melakukan ini, Nak!"

Asalkan tindakan anaknya positif, orang tua suportif selalu memberi dukungan dan arahan.

Adapun jika anaknya melakukan tindakan yang negatif, misal mencorat-coret dinding, mereka tidak langsung menghentikan dan memarahinya. Dengan sabar dan telaten, orang tua tipe ini mengarahkan anaknya untuk meneruskan aksi corat-coretnya pada media papan tulis atau kertas.

Orang tua suportif selalu memberikan kepercayaan yang besar pada anaknya. Mereka rela menghabiskan banyak waktu bersama anaknya demi memberi bimbingan dan arahan.

Anak yang diasuh oleh orang tua suportif akan tumbuh bahagia dan ceria. Anak tersebut juga mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan berani mengambil risiko.

Bimbingan dan pola asuh suportif juga menumbuhkan kesadaran anak rajin belajar demi memperoleh nilai akademis yang membanggakan. Kelak anak ini berpeluang besar menjadi anak yang sukses dan berpenghasilan besar.

Tipe Orang Tua Disiplin

Tipe orang tua disiplin adalah tipe orang tua yang tidak terlalu memberi kebebasan pada anak. Banyak aturan yang diterapkan padanya. Orang tua tipe ini juga tidak percaya pada anak.

Anak yang diasuh oleh orang tua disiplin tampak paling rajin dan berprestasi di sekolah tetapi kurang kreatif. Anak tersebut kelak berpeluang mempunyai penghasilan yang besar namun kurang bahagia dan memiliki tingkat stres yang tinggi.

Tipe Orang Tua yang Memanjakan Anak 

Orang tua tipe ini tidak menerapkan aturan pada anaknya. Segala kebutuhan dan tugas-tugas anak dikerjakan oleh orang tua. Bahkan PR sekolah pun seringkali dikerjakan oleh orang tua. Orang tua tipe ini banyak menghabiskan waktunya bersama anak.

Tingkat ketergantungan anak yang diasuh orang tua tipe ini sangatlah tinggi. Sebaliknya tingkat kemandiriannya sangat rendah. Bahkan saat dewasa pun masih menggantungkan hidupnya pada orang tua.

Jika orang tuanya berpenghasilan besar maka anak ini kelak tidak akan kekurangan karena segala sesuatunya disuplai dari orang tuanya.

Berdasarkan uraian di atas, tipe orang tua suportif adalah tipe orang tua yang paling ideal yang dapat mencetak hasil terbaik untuk perkembangan anak di masa depan.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Bakso Mercon Ayam

Resep Cireng Ebi