Kekuatan Pelukan Ibu Sangat Mengagumkan

Kekuatan Pelukan Ibu Sangat Mengagumkan

Bayi yang berumur kurang dari satu bulan belum begitu mengenali orang-orang di sekitarnya. Tetapi mengapa ketika bayi tersebut menangis langsung tenang ketika berada dalam pelukan ibunya. Reaksi yang sama tidak terlihat saat bayi tersebut digendong dan dipeluk sang ayah.

Ketika bayi menangis, detak jantungnya sangat cepat dan semakin cepat jika dibiarkan. Saat dipeluk sang ibu, detak jantung bayi tersebut akan menyesuaikan dengan detak jantung ibu. Si bayi langsung mengenali detak jantung ibu karena sudah akrab 9 bulan dalam kandungan.

Pelukan Ibu Dapat Menenangkan Bayi dalam 30 Detik

Sebuah studi yang digagas oleh RIKEN Brain Science Institute di Saitama, Jepang, menginformasikan bahwa bayi yang gendong dalam pelukan ibu terbukti lebih cepat tenang dan rileks. Hal ini karena detak jantung yang cepat saat bayi menangis akan segera turun perlahan dalam pelukan ibu. Hanya dalam waktu 30 detik bayi segera tenang dan rileks.

"Bayi lebih cepat tenang dan rileks ketika dipeluk dan digendong oleh ibu," ujar Dr. Kumi Kroda, salah seorang peneliti.  Temuan ini membuktikan kekuatan pelukan ibu yang sangat mengagumkan pada perkembangan emosional bayi dalam fase tumbuh kembang.

Bayi yang Ditimang Lebih Cepat Tenang dan Rileks

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa bayi yang digendong sambil berjalan atau bergerak lebih cepat tenang daripada hanya digendong sambil duduk. Hal ini karena saat bergerak, secara tidak disadari, ibu berusaha menyesuaikan detak jantungnya dengan detak jantung bayi.

Setelah detak jantung ibu dan bayi sama, maka ibu segera dapat mengendalikan bayi. Alhasil, bayi pun segera tenang. Respon ini berlaku untuk bayi laki-laki maupun perempuan. Makanya kita sering melihat ibu menenangkan anak sambil bergerak-gerak atau menimang-nimang, bahkan sambil berjalan mondar mandir.

Kuroda, sang peneliti, kagum dengan efek kekuatan pelukan dan timangan ibu dalam menenangkan bayi.

"Kekuatan pelukan ibu benar-benar mengagumkan," jelas Kuroda.

Kondisi ini tidak berlaku untuk bayi yang berumur lebih dari 6 bulan. Bayi tersebut sudah mengenali orang-orang di sekitarnya. Bahkan bayi sudah mengenali siapa yang paling dekat dan sayang padanya. Sehingga ketika bayi menangis, ia akan tenang ketika digendong dan dipeluk oleh orang yang paling dekat dengannya, bisa ibu atau ayah.

Comments

Popular posts from this blog

Resep Bakso Mercon Ayam

Resep Cireng Ebi